5 Tanda Sukses Mencapai Berat Badan Ideal

Kamis, 07 November 2019 - 18:31 WIB
5 Tanda Sukses Mencapai Berat Badan Ideal
5 Tanda Sukses Mencapai Berat Badan Ideal
A A A
JAKARTA - Dunia menjadi tergila-gila dengan penurunan berat badan. Banyak yang ingin kehilangan lemak karena kelebihan berat badan, tetapi ada juga yang ingin kehilangan berat badan hanya karena sudah menjadi tren.

Nah, kehilangan berat badan saat tidak perlu bukan ide yang sehat. Hal itu dapat menurunkan kekebalan tubuh dan membuat Anda mudah terserang penyakit. Jadi, ada baiknya Anda memerhatikan tanda untuk mencapai berat badan ideal. Seperti dilansir Times of India, berikut ulasannya’

1. Energi
Jika Anda dapat melewati hari tanpa minum lima cangkir kopi atau soda favorit, Anda mungkin memiliki berat badan yang sehat. Dengan berat badan ideal, Anda akan merasa energik dan sehat.

Menurut penelitian di Penn State College of Medicine yang melibatkan 1.300 peserta, mereka dengan berat badan sehat cenderung lebih sedikit mengalami kantuk di siang hari dibandingkan dengan orang yang mengalami obesitas.

2. Berat badan stabil
Jika Anda merasa sehat dan dekat dengan berat tujuan Anda dan telah berada di nomor yang sama pada skala penimbangan untuk waktu yang lama, itu berarti tubuh Anda bahagia dengan beratnya itu.

Berat ideal adalah angka yang bisa Anda pertahankan tanpa banyak batasan. Jika Anda memiliki berat badan yang sehat, Anda tidak terus-menerus kehilangan atau bertambah.

3. Periksa detak jantung
Tujuan pertama yang muncul di benak kita ketika mencoba menurunkan berat badan adalah menyesuaikan pakaian dengan ukuran tertentu. Tapi itu bukan cara yang benar. Denyut jantung istirahat Anda (berapa kali jantung Anda berdetak per menit saat Anda istirahat) dapat menjadi ukuran yang baik untuk mengetahui apakah Anda memiliki berat badan yang sehat.

Denyut jantung istirahat rendah berarti jantung Anda bekerja secara efisien, tetapi detak jantung istirahat yang lebih tinggi dapat menjadi tanda peringatan masalah kesehatan. Kisaran sehat adalah 60 hingga 100 denyut per menit, di mana angka yang lebih rendah menunjukkan kesehatan fisik yang lebih baik.

4. Lingkar pinggang
Para ahli mengatakan lebih lebar garis pinggang, lebih pendek garis hidupnya. Jika Anda memiliki lemak berlebih di area tengah, Anda berisiko terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan masalah kronis lainnya.

Sementara, pinggang yang baik untuk pria dan wanita itu kurang dari 40 inci untuk pria dan kurang dari 35 inci untuk perempuan.

Untuk mengukur, ambil kaset inci dan letakkan tepat di bawah pusar untuk mendapatkan pembacaan yang akurat. Jika Anda jatuh di bawah batas yang diberikan, Anda tidak perlu repot tentang berat badan Anda.

5. Bahagia

Lupakan BMI, karena ini mungkin bukan cara paling akurat untuk mengukur kesehatan Anda. Grafik dan kalkulator bobot dapat membantu, tetapi Anda tidak bisa bergantung sepenuhnya pada hal itu. Para ahli mengatakan berat badan ideal adalah tempat di mana Anda merasa bahagia dan sehat dari dalam.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4954 seconds (0.1#10.140)